Peringatan Hari Sampah Nasional SMA Negeri 2 Slawi

Tri Khidayanti -

Tanggal 21 Februari diperingati sebagai hari sampah. Peringatan hari sampah pertama kali adalah pada tahun 2006. Sebelumnya terjadi pristiwa meledaknya gunungan sampah di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005. Siapa sangka sampah mampu merenggut nyawa dalam waktu sekejap hingga 150an jiwa. ledakan berasal dari gas metana yang tertimbun dalam timbunan sampah. Selain korban jiwa   ada  2 kampung yang hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah dari Tempat Pembuangan Akhir leuwigajah yaitu kampung Cilimus dan pojok. Sampah memang akan merenggut nyawa kita kalau kita konsumsi secara langsung, tapi siapa yang akan mengkonsumsi sampah? sejauh ini yang mampu mengonsumsi sampah secara langsung adalah hewan, seperti Paus yang ditemukan mati, ternyata di dalam perutnya terdapat sampah plastik yang sangat banyak

Sebagai sekolah Adiwiyata Kab. Tegal menuju propinsi Jawa Tengah mencoba mengajak masyarakat untuk peduli dengan sampah di sekitar. bekerjasama dengan lingkungan sekitar seperti Brigif 4 Dewa Ratna, Polres Slawi, Pemerintah Desa Dukuhwringin dan Sekolah Dasar  bersama membersihkan sampah yang berada di sekitar Pasar Krempyeng Dukuhwringin


                 Bersama dengan warga sekitar sampah yang ditemukan banyak dari bahan plastik, bahkan sampah plastik yang berusia tahuanan. sampah plastik berbahaya bagi kesuburan tanah dan persediaan air tanah jika dibiarkan akan menimbulkan dampak yang mungkin tidak kita rasakan namun akan dirasakan oleh anak cucu kita. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat mampu mengurangi sampah dan menghemat penggunaan sampah plastik. 

                Sampah akan tampak menjijikan ketika telah digunakan dan kita buang ke tempat sampah. Namun jika kita yang mengolah sampah sendiri pasti rasa jiijik akan hilang. contohnya sendok plastik yang telah kita gunakan kemudian kita bersihkan lalu kita buat sebagai hiasan pasti akan beda cerita. namun manakala sendok tersebut adalah sendok bekas orang lain tentu kita akan berfikir ulang untuk menolahnya. 

Jika sampah seperti bungkus kopi dan lainnya yang tidak kita gunakan lagi kita simpan dan kumpulkan, bisa kita buat ekobrik. Ekobrik bisa digunakan sebagai pengganti batu bata untuk pagar rumah atau furniture rumah seperti meja dan kursi. Ekobrik mampu mengurtangi sampah plastik yang tidak bisa di daur ulang seperti bunghkus kopi dan kantung kresek yang sudah cacat. Satu botol air mineral 600 ml mampu menampung 200 gr plastik tak terpakai.

Bayangkan berapa sampah plastik yang mapu dikurangi jika setiap rumah menerapkan sistem ekobrik ini? Siapa sangka kursi cantik ini adalah produk anak SMA Negeri 2 Slawi dalam ajang lomba pengolahan sampah plastik menjadi "KUBIK" kursi bundar ekobrik

Dengan bermodal lem untuk merekatkan botol plastik dan kain perca sampah ini disulap menjadi kursi yang mampu menahan berat 150 kg. 

Saya sangat berharap banyak setiap penduduk Indonesia mengurangi sampah dan memperbanyak karya dari sampah sebelum Indonesia menambah pulau yaitu pulau sampah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peringatan Hari Sampah Nasional SMA Negeri 2 Slawi"

Post a Comment

Mari budayakan untuk berkomentar!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel