IBX5980432E7F390 Selamat Idulfitri atau Selamat Hari Raya Idulfitri? - Tri Khidayanti

Selamat Idulfitri atau Selamat Hari Raya Idulfitri?


Tri Khidayanti - Jika sebelumnya saya sudah membahas manakah yang benar antara Idulfitri atau Idul Fitri. Kali ini saya akan membahas kelanjutannya. Seringkali ketika mendekati Idufitri banyak sekali instansi atau perorangan yang mengucapkannya. Bisa kita jumpai melalui spanduk-spanduk di pinggir jalan atau baliho-baliho.

Seperti yang permasalahan sebelumnya. Masih ada kesalahan yang dilakukan masyarakat Indonesia ketika mengucapkan Idufitri. Banyak sekali yang maish menuliskan Selamat Hari Raya Idulfitri 1439 H. Meksipun sudah ada beberapa yang menuliskannya mendekati benar yakni Selamat Idul Fitri 1439 H.  Yang seharusnya Selamat Idufitri 1439 H. Ingat bahwa penulisan Idulfitri harus disambung bukan dipisah.
Salah satu contoh kesalahan penulisan Selamat Idulftiri

Lantas mengapa penulisan Selamat Hari Raya Idulfitri 1439 H salah? Kita harus kembali ke pengertian apa itu Idufitri. Menurut KBBI online seperti di bawah ini

Idulfitri  adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama sebulan.

Dari pengertian di atas kita tahu bahwa Idulftiri adalah hari raya umat Islam. Jadi, jika pengertiannya sudah merupakan hari raya maka tidak perlu lagi penambahan Hari Raya di depan Idulfitri. Yang ada hanya pemborosan kata dan tidak efektif alias salah dalam EYD Bahasa Indonesia.

Jadi sekali lagi, penulisan mana yang benar antara Selamat Idulfitri atau Selamat Hari Raya Idulfitri? Yang benar adalah Selamat Idulfitri 1439 H.

Sebelum mengakhirinya, meskipun terlambat saya mengucapkan Selamat Idulfitri 1439 H.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Selamat Idulfitri atau Selamat Hari Raya Idulfitri?"

Post a Comment

Mari budayakan untuk berkomentar!!