TUGAS BAHASA INGGRIS KELAS XII

Tri Khidayanti -

TUGAS BAHASA INGGRIS KELAS XII SMK PONPES AL-ADALAH

Pengampu        : Windi Astuti

Kelas                 : XII

Materi               : Modals in Indirect from of Sentence

(Direct Speech) Kalimat langsung mengulang atau mengutip sama persis kata-kata yang diucapkan. Saat menggunakan kalimat langsung dalam tulisan, kita meletakkan kata-kata yang diucapkan di antara tanda petik (" ") dan kata-kata ini tidak mengalami perubahan. Kita dapat melaporkan sesuatu yang dikatakan SEKARANG (misalnya, percakapan telepon) atau memberi tahu seseorang di kemudian waktu tentang percakapan sebelumnya.

Contoh

·         She says, "What time will you be home?"

·         She said, "What time will you be home?" and I said, "I don't know! "

·         "There's a fly in my soup!" screamed Simone.

·         John said, "There's an elephant outside the window."

(Indirect Speech) Kalimat tidak langsung biasanya digunakan untuk membicarakan masa lalu. Jadi, kita biasanya mengubah tense dari kata-kata yang diucapkan. Kita menggunakan kata kerja yang melaporkan (reporting verb) seperti saytell, dan ask. Kita juga dapat menggunakan kata that untuk memperkenalkan kata-kata yang dilaporkan. Kita tidak menggunakan tanda petik.

She said, "I saw him." (kalimat langsung) = She said that she had seen him(kalimat tidak langsung)

That dapat dihilangkan:

She told him that she was happy. = She told him she was happy.

(Modals in Indirect from of Sentence)

Baik kaka-kaka ternyata ada lagi nih yang bisa berubah dalam Indirect SpeechModals juga bisa berubah ternyata. Ada beberapa modals yang sering digunakan dalam sebuah kalimat. Yuk, kita bahas satu persatu bagaimana perubahannya kalau digunakan di dalam Indirect Speech.

1.    Can

Can adalah salah satu modal verbs yang paling umum digunakan dalam bahasa Inggris. “Can” dapat digunakan untuk mengekspresikan kemampuan, permintaan, bahkan kemungkinan. Banyak juga, ya. Kalau kamu ingin menggunakan Can dalam Indirect Speech, kamu harus menggunakan bentuk lampau dari can, yaitu could. Contoh kalimatnya seperti ini, nih: She said, “I can visit to your house next week.” yang kemudian berubah menjadi She said that she could visit to my house the following week.

2.    May

Modal Verbs May paling sering digunakan untuk mengekspresikan kemungkinan. Meskipun kurang umum, May juga dapat digunakan untuk memberikan atau meminta izin. Bentuk lampau dari May yang digunakan dalam Indirect Speech yaitu Might. Contoh kalimatnya antara lain He said, “I may go to London next year.” yang kemudian berubah menjadi He said that he might go to London the following year untuk bentuk Indirect Speechnya. 

3.    Must

Must biasanya digunakan untuk mengekspresikan kepastian. Must juga dapat digunakan untuk mengekspresikan kebutuhan atau rekomendasi yang kuat, meskipun dalam penggunaannya, kata Have to lebih sering digunakan. Bentuk lampau must yang digunakan dalam Indirect Speech yaitu Had to.

Contoh kalimatnya adalah They said, “We must  not finish the work in time.” yang kemudian diubah menjadi They said that they hadn’t to finish the work in time.

Kamu memperhatikan nggak sih, kalau keterangan waktu dalam Indirect Speech juga bisa berubah? Banyak sekali perubahan keterangan waktu yang bisa terjadi dalam Indirect Speech. Supaya kamu nggak bingung, yuk simak tabel di bawah ini!



TUGAS :

1.     Tulislah tugas ini menggunakan kertas HVS ukuran F4

2.     Setelah memahami materi tentang Modals in Indirect from of Sentence

Buatlah contoh kalimat untuk masing –masing Modal, 5 saja!

 

 

Good luck!

 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TUGAS BAHASA INGGRIS KELAS XII"

Post a Comment

Mari budayakan untuk berkomentar!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel