TUGAS PKKWU KELAS XII

Tri Khidayanti -
Kegiatan Pemasaran Produk Barang/Jasa
A. Penjelasan
Pemasaran merupakan proses utama dalam suatu proses produksi. Produk yang memiliki kualitas baik atau memiliki prospek tinggi di masyarakat tidak akan berhasil untuk didistribusikan bila tidak ada pemasaran. Fungsi pemasaran sangat penting karena dapat memaksimalkan keuntunganyang didapatkan dari penjualan produk.
Proses pemasaran dapat dilakukan dengan cara promosi. 
1. Tujuan dilakukan promosi produk adalah: 
a. Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
b. Mengomunikasikan produk baru
c. Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
d. Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualiatas produk
e. Mengajak konsumen untuk mendatangi took tempat penjualan produk 
f. Memotivasi konsumen agar membelisuatu produk
2. Bentuk-bentuk media promosi
Bentuk promosi terbagi kedalam dua tipe, yaitu:
a. Above the line promotion (media lini atas)
Above the line promotion adalah aktivitas marketing/promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diingikan. Promosi ini menggunakan media massa TV, radio, Koran, internet, mobile phones) dimana perusahaan atau pengikalan membayar advertising agency tertunjuk untuk menempatkan iklan produk atau jasaperusahaan tersebut. Contohnya iklan televise, billboard, poster, brosur, iklan majalah, dan lain-lain.
b. Below the line promotion
Below the line promotion adalah segala aktivitas marketing atau promosi yang dilakukan di tingkat retail/konsumen dengan tujuan merangkul konsumen supaya ada perhatian pada produk kita. Contohnya adalah sponsorship, penempatan produk, testimony, promosi penjualan, merchandising ( kaleder, buku agenda, gantungn kunci,boneka, dan lain-lain ).
3. Strategi pemasaran
Contoh strategi media pemasaran yang dapat digunakan antara lain:
a. Brosur
Brosur adalah terbitan tidak berkala yang terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkaitdengan terbitan lain,dan selesai dalam sekali terbit, jika halaman lebih dari satu biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.


b. X-Banner
X-Banner adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi, berbentuk banner dengan konstruksi penyangga berbentuk “X” sehingga banner bisa berdiri sendiri. 
c. Stationery set
Benda-benda fungsional yang biasa digunakan dalam keperluan kantor dengan nilai tambah benda-benda membuat identitas perusahaan seperti, logo, slogan, komposisi warna,  dan hal-hal yang mencerminkan image perusahaan. Stationery set, antara lain notes,  amplop kop surat Oma kartu nama, map atau folder, dan sebagainya.
d. Media massa dan internet 
  promosi dilakukan melalui media massa baik cetak maupun elektronik.  penggunaan media massa cetak seperti majalah koran dan tabloid, serta media massa elektronik seperti televisi dan radio untuk promosi saat ini tidak begitu dominan seperti pada saat internet belum berkembang.  promosi banyak dilakukan melalui media internet, seperti melalui media sosial, Twitter, Instagram, path,  YouTube, blog, ataupun browser.
B. Kegiatan
Perluaslah pemahaman Anda dengan mempelajari materi tentang melakukan pemasaran produk barang/jasa! Kemudian kerjakan tugas berikut dengan kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab!
1. Buatlah sebuah media promosi produk yang ingin anda pasarkan meggunakan brosur. (produk bebas)
2. Buatlah dalam format PDF

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "TUGAS PKKWU KELAS XII"

Mari budayakan untuk berkomentar!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel