Jawaban Modul 1 dan Modul 2 Topik Merdeka Belajar

Tri Khidayanti -

Ketika Bapak /Ibu membuka petatihan mandiri maka bapak ibu di arahkan ke aktivitas berupa video yang harus di putar. Sekiranya bapak ibu tidak memiliki waktu yang cukup, tips dari saya, Bapak/ Ibu bisa klik video tersebut hingga bejalan 1-3 detik kemudian Bapak/ Ibu bisa menutup video tersebut otomatis tanda centang hijau sudah Bapak/ Ibu miliki

Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Mengenali & Memahami Diri Sebagai Pendidik

Materi Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik

1.      Sebelum memerdekakan murid dalam belajarnya, berikut yang dapat dilakukan guru?

a.       Meminta murid belajar sendiri sesuai keinginannya

b.      Tidak merasa perlu meningkatkan kompetensinya

c.       Memaknai dan menghayati diri sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar

d.      Mempercayakan kepada murid proses belajar tanpa bimbingan

 

Cerita Reflektif :

Peran apa yang paling dominan Anda lakukan kepada murid-murid Anda?

Jawab : mengenali karakteristik anak melalui komunikasi dengan murid

 

Materi Apa Peran Saya Sebagai Guru

2.       Sebagai guru, tindakan yang perlu dilakukan adalah...

a.      menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman

b.      melanjutkan peran guru sebagai pusat sumber pengetahuan

c.       menghukum murid jika melaakukan kesalahan

d.      mengajari murid berdasarkan pengalaman mengajar guru

 

Cerita Reflektif :

Menurut Anda, guru seperti apa Anda di mata murid-murid Anda?

Jawab sesuai diri anda

Materi Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya

3.       Berikut ini hal-hal yang dilakukan guru untuk menginspirasi muridnya, kecuali:

a.       bertutur kata lembut kepada murid

b.      mendengarkan pendapat murid

c.       mempermalukan di depan murid lain

d.      memotivasi untuk gemar dan senang belajar

 

Cerita Reflektif :

Jika Anda bisa kembali ke masa di mana Anda menjadi murid di bangku sekolah, siapa guru yang ingin Anda belajar dengannya?

Jawab sesuai diri anda

 

Kunci Post Test Modul 1 Mengenali & Memahami Diri Sebagai Pendidik

1.      Berikut adalah salah satu contoh penerapan belajar merdeka yang diterapkan dalam pendidikan di sekolah:

A.    Mengajari murid-murid materi tentang kebudayaan

B.     Guru membuatkan peraturan yang harus dipatuhi di dalam kelas

C.    Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan

D.    Murid-murid harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan belajar yang sudah dibuatkan oleh guru di sekolah

 

 

2.      Apa definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara?

A.    Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri, namun perlu dibantu oleh orang-orang di sekitarnya untuk menentukan keputusan.

B.     Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun bantin, tidak tergantung dengan orang lain.

C.     Manusia yang fokus dengan kekuatan yang dimiliki sehingga dapat menjalankan kehidupannya dengan merdeka.

D.    Manusia yang berdiri sendiri tanpa memperdulikan orang lain sehingga dapat mengambil keputusan sesuai dengan hati dan pikirannya sendiri.

 

3.      Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki....

A.    Perilakunya x

B.     Dasar hidupnya

C.     Kekuatan kodratnya

D.    Potensinya

 

4.      Berikut ini langkah-langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka, kecuali ...

A.    Memahami peran diri menjadi pendidik

B.     Menambah kapasitas diri sebagai pendidik x

C.     Membuat perencanaan kegiatan belajar

D.    Adaptif, relevan dengan tujuan belajar murid-murid

 

5.      Sebagai guru, apa saja pengalaman belajar yang perlu dimaknai oleh murid?

A.    Pengetahuan, keterampilan dan wawasan keilmuan, serta pendidikan karakter

B.     Pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dan sikap untuk terus belajar

C.     Pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk terus belajar, serta mendampingi murid untuk bisa memahami dan mencapai tujuan belajarnya

D.    Keterampilan, wawasan pengetahuan, dan mengajarkan mereka bersosialisasi

 

 

6.      Untuk memberikan ilustrasi tentang pentingnya mendidik anak, Ki Hajar Dewantara menyamakannya seperti...

A.    Mendidik keluarga

B.     Mendidik masyarakat

C.     Mendidik teman belajar

D.    Mendidik guru

 

 

7.      Murid-murid kita saat ini adalah generasi digital native, fasih berselancar di internet, mendapatkan pengetahuan bahkan mempelajari keterampilan sesuai kebutuhan belajar mereka. Apa yang dimaksud generasi digital native?

A.    Generasi yang tumbuh di era transisi digital

B.     Generasi yang tumbuh sebelum perkembangan teknologi digital

C.    Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digital

D.    Generasi yang menemukan teknologi digital

 

8.      Dengan menjadi guru, apa yang kelak akan dibentuk dengan menjadikan murid-murid sebagai bagian atau bahkan pemimpin masyarakat di masa depan?

A.    Kesenian

B.     Kebudayaan

C.     Adat istiadat

D.    Keterampilan

 

9.      Untuk menjadi guru yang dapat menghadapi perubahan zaman yang dinamis, keterampilan apa yang perlu dimiliki seorang guru?

A.    Inovatif

B.     Efektif

C.    Adaptif

D.    Reflektif

 

 

10.  Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia yang memiliki empati, maka ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali....

A.    Memastikan muridnya selalu sukses dalam proses belajarnya x

B.     Memahami keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya

C.     Membiasakan keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya

D.    Menempatkan dirinya sebagai rekan belajar setara sehingga timbul perasaan saling, memahami, menghargai, dan membutuhkan.

 

 

 

Jawaban Latihan Pemahaman Modul 2 Mendidik dan Mengajar

Latihan pemahaman

Mendidik menyeluruh

1.      Definisi pendididkan menurut Ki Hajar Dewantara adalah?

a.       Tuntunan dam hidup tumbuhnya murid. TUJUAN PEMBELAJARAN

b.      Tempat menaburkan benih benih kebudayaan dalam masyarakat sekaligus sebagai instrumen tumbuhnya unsur peradaban dan kebudayaan yang kita wariskan kepasa ank cucu kita di masa depan

c.       Menuntut segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi- tingginy, baik itu sebagai manusia mauun sebagai anggota masyarakat

d.      Suatu cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin

e.       Semua benar

Cerita Reflektif :

Ceritakan sosok guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi anda sewaktu menjadi murid dulu:

jawab sesuai diri anda

Pendidikan selama satu abad

2.      Manakah budaya pendidikan zaman kolonial yang sudah tidak dipraktikkan di kelas

a.       Meminta murid berdiri di depan kelas saat mereka lalai mengerjakan tugas

b.      Saat belajar, murid duduk rapi menghadap ke depan kelas hening

c.       Melakukan pemeringkatan murid berdasarkan nilai dari tes pengetahuan setiap mata pelajaran

d.      Cara pembuatan tugas dilakukan seragam, misalnya semua murid mengerjakan video, melalui tulisan dsb

e.       Memukul murid karena tidak mengerjakan tugas

Cerita Reflektif:

Praktik kolonial apa yang pernah anda lakukan selama menjadi guru:

Jawab sesuai diri anda

Menjadi manusia (secara) utuh

3.      Pendidikan atau “tuntunan” seharusnya memberikan murid:

a.       Didikan pengetahuan

b.      Didikan ‘lahir’

c.       Didikan ‘batin’

d.      Didikan hidup

e.       Didikan ‘lahir’ dan ‘batin’

Cerita reflektif

Jika kembali ke semester lalu dimana anda merasa belum optimal mengasah nalar, kemampuan berpikir, dan mengembangkan kebutuhan batin murid anda, di materi apa anda mau mengajar kembali dan memperbaiki dengan cara apa?

Jawab sesuai diri anda

 

Kunci Jawaban post tes modul 2 Mendidik dan Mengajar

1.      Berikut terkait pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata "pendidikan" dan “pengajaran” menurut ki hajar dewantara:

A.    Tuntunan adalah salah satu bagian dari pengajaran

B.     Tuntunan adalah salah satu bagian dari pendidikan

C.    Pengajaran adalah salah satu bagian dari pendidikan

D.    Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan

 

2.      Pengembangan budi pekerti (oalah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid mealui pendidikana tidak dapat dipisahkan, karena:

A.    Penting untuk masa depan

B.     Membuat diri murid menjadi seimbang

C.     Akan menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara hidup murid

D.    Merupakan pokok pembelajaran dalam pendidikan

 

3.      Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hajar dewantara untuk mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut dibawah ini, kecuali

A.    Berpikir merdeka dalam ketertiban bersama

B.     Berperasaan

C.     Dapat bekerja berdasar kehendak

D.    Mengatur orang lain

 

4.      Menurut Ki Hajar Dewantara, .... merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.

A.    Menuntun

B.     Tuntunan

C.     Pendidikan

D.    Pengajaran

 

5.      Penanda manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara adalah berikut, kecuali...

A.    Berdaya

B.     Berbudi pekerti

C.     Beriman

D.    Berkuasa atas kehendak diri

6.      Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hajar Dewantara adalah...

A.    Humanis, Oportunis, Kerakyatan

B.     Humanis, Kerakyatan dan Praktis

C.    Humanis, Kerakyatan, dan Kebangsaan

D.    Humanis, Kebangsaan, dan Intelektualis

 

7.      Menurut Ki Hajar Dewantara salah satu hasil dari “tuntunan” orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah...

A.    Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya

B.     Akal budi yang berkembang

C.     Kekuatan murid yang semakin meningkat

D.    Arah minat dan perubahan

 

8.      Menurut Ki Hajar Dewantara sistem pendidikan barat mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya...

A.    Pendidikan emosional da kecerdasan

B.     Olah rasa dan pendidikan intelektual

C.     Pendidikan intelektual dan emosional

D.    Pendidikan emosional dan olah rasa

9.      Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran kecuali

A.    Guru menyampaikan cara membuat puisi

B.     Guru mengamati minat murid terhadap puisi

C.     Murid mempelajari ragam pisi yang disampaikan guru

D.    Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan

10.  Ki Hajar Dewantara mendefinisikan “Pendidikan” sebagai “Tuntunan” artinya...

A.    Tuntunan guru untuk membimbing murid

B.     Tuntunan dalam proses pembelajaran

C.     Tuntunan murid untuk beradaptasi

D.    Tuntuna dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya

11.  Apa defini dari “mendidik” yang paling tepat menurut Ki Hajar Dewantara?

A.    Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamata dan kebahagiaan yang setinggitingginya, baik itu sebagai manusiamaupun anggota masyarakat

B.     Menuntun kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi perubahan lingkungan dan menjalin hubungan sosial dan budaya yang ada di sekitarnya

C.     Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum dikeahui sehingga membuatnya menjadi lebih yahu adar wawasan dan keterampilan yang dimiliki menjadi lebih baik

D.    Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan sengan lebih optimal

12.   Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat menyebabkan...

A.    Murid malas

B.     Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan

C.     Murid tertekan untuk sekolah

D.    Sistem penialain tidak sesuai

silahkan untuk lanjut modul 3

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jawaban Modul 1 dan Modul 2 Topik Merdeka Belajar"

Post a Comment

Mari budayakan untuk berkomentar!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel