Jawaban Modul 5 Topik Merdeka Belajar

Tri Khidayanti -

 

A.    Mengantarkan murid selamat dan bahagia

Latihan pemahaman

1.      Berikut ini merupakan pernyataan yang pendidik sebaiknya pahami, kecuali

a.      Setiap murid memiliki kodrat kekuatan/potensi yang berbeda-beda

b.      Pendidik hanyalah sebagai tuntunan

c.       Pendidikan dapat berkehendak atas kodrat kekuatan atau potensi murid

d.     Mendidik adalah menuntun murid untuk selamat dan bahagia

2.      Ada dua hal yang menjadi dasar sistem among, yaitu

a.      Momong dan ngemong

b.      Kodrat alam dan kodrat zaman

c.       Kodrat alam dan kemerdekaan murid

d.     Kemerdekaan murid dan tutu wuri handayani

3.      Mana yang merupakan metode pembelajaran mendukung merdeka Belajar abad 21

a.      Ceramah

b.      Dikte

c.       Proyek

d.     Semua jawaban benar

B.     Menciptakan lingkungan pembelajaran terbaik murid

Latihan pemahaman

1.      Pengembangkan kaakter kadang tertutupi oleh pengembangan kecerdasan kognitif dalam pembelajaran.

Berikut ini yang merupakan ciri khas karakter bangsa yang dapat diwariskanoleh guru

a.      Mementingkan kepentingan sendir

b.      Mengesampingkan nilai dan norma masyarakat

c.       Gotong royong dan bekerjasama

d.     Patuh dan taat terhadap orang kaya

2.      Prinsip kolaborasi antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat menjadi kunci kemajuan capaian belajar murid

Berikut ini manakah yang merupakan contoh kolaborasi tersebut?

a.      Orang tua menyerahkan hasil belajar murid kepada guru

b.      Sekolah menyediakan sumber belajar yang ada disekitarnya (orang tua dan komunitas)

c.       Masyarakat menganggap guru sebagai sumber belajar yang utama

d.     Melibatkan masarakat ketika membuthkan pencairan dana BOS saja

Post tes

1.      Fungsi pendidikan akan berjalan sesuai dengan apa yang dicita-citakan oleh Ki Hadjar Dewantara jika kita sebagai pendidik memiliki beberapa pemahaman dibawah ini, kecuali?

a.      Setiap murid memiliki kodrat

b.      Pendidikan hanyalah sebagai tuntunan

c.       Mendidik adalah menuntunmurid untuk selamat dan bahagia

d.     Pendidik dapat berkehendak atas kodrat kekuasaan atau potensi murid

2.      Dalam perkembangan diri seorang anak, yan berkewajiban untuk menjadi teladan sebagai lingkungan terdekatnya adalah...

a.      Teman di sekolah

b.      Orang tua atau keluarga

c.       Masyarakat

d.     guru

3.      Dalam menilai pemahaman murid, pendidik sebaiknya....

a.      mengunkana alat pengukuran lalu menyimpulkannya

b.      menggunakan alat pengukuran dengan melibatkan murid untuk merefleksikan pemahaman dari pengalaman belajarnya

c.       menggunakan alat pengukuran yang dibuat oleh murid

d.     menggunakan alat pengukuran yang objektif dan dapat diukur dengan jelas

4.      ing ngarso sung tulodo yang menjadi salah satu bagian dari sistem among artinya

a.      di depan memberi teladan

b.      di tengah membangun kehendak

c.       di tengah membangun kehendak

d.     disamping menjadi teman

5.      Pada abad ke-21, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan kognitif yang kompleks, dan kemampuan sosial emosional menjadi sangat enting bagi murid maupun guru. Guru diharapkan menjadi contoh bagaimana bisa mengembangkan kemampuan tersebut pada dirinya untuk meneruskannya dalam membantu murid untuk menguasainya.

Salah satu kompetensi mendasar yang menunjang penguasaan kemampuan tersebut adalah...

a.      kompetensi pedagogi

b.      kompetensi pengetahuan

c.       kompetensi sosial

d.     kompetensi literasi

6.      Sesuai pesan Ki Hadjar Dewantara untuk menuntun murid sesuai jamannya, maka guru perlu menumbuhkan pola pikir embelajaran atu growth mindset yang membuat murid

a.      memiliki keyakinan untuk dapat terus berkembang

b.      mau mendalami hal-hal yang disukai saja

c.       memiliki keterbukaan untuk berkomunikasi dengan guru-guru yang diinginkan saja

d.     mengedepankan kebenaran pendapat pribadi

7.      Murid sebagai pusat pembelajaran sehingga dapat...

a.      Mengevaluasi dan merefleksikan proses capaian belajar

b.      Melihat kesegala arah

c.       Menjadi pusat perhatian

d.     Memperoleh instruksi langsung dari banyak mata pelajaran

8.      Di bawah ini adalah tiga wadah dasar proses pembentukan pendidikan murid (tri Sentra Pendidikan) menurut Ki Hadjar Dewantara, kecuali

a.      Keluarga

b.      Diri sendiri

c.       Pergerkan pemuda

d.     Perguruan

 

 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jawaban Modul 5 Topik Merdeka Belajar"

Post a Comment

Mari budayakan untuk berkomentar!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel