Jawaban Modul 4 Menumbuhkan Budi Pekerti Topik Merdeka Belajar
Jawaban modul
4 Menumpuhkan Budi Pekerti
Post tes
1. Teori
Konvergensi didasarkan atas dua teori
utama yaitu
A. Teori negatif
dan teori positif
B. Teori afektif
dan teori tabulasa
C. Teori
tabulasa dan teori negatif
D. Teori hereditas
dan teori behaviorisme
2. Bagian yang
berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang , percaya diri, dan perasaan lainnya
merupakan... yang berperan menentukan karakter seseorang
a. Bagian jasmani
b. Bagian
biologis
c. Bagian intelligible
d. bagian
keterampilan
3. keterampilan
pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang
dapat berubah jika...
a. dibiarkan tanpa
intervensi
b. dipengaruhi
keadaan lingkungan
c. memiliki bakat
tertentu
d. ada kemauan
4. Teori yang
beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis
oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidikan
merupakan teori...
a. Hereditas
b. Negatif
c. Komplementer
d. Tabularasa
5. Apa yang dapat
dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
a. Membantu
murid menemukan budi pekertinya
b. Mengendalikan budi
pekerti murid
c. Menemukan budi
pekerti pada diri sendiri
d. Mengembangkan budi
pekerti pada diri sendiri
6. Proses belajar
menumbuhka kembangkan kecerdasan
budi pekerti murid sehingga mampu...
a. Menebalkan tabiat
asli dan watak biologis
b. Menyamarkan watak
– watak baik murid
c. Menyamar
tabiat asli dan watak biologis
d. Menebalkan watak-
watak idak baik murid
7. Budi pekerti
merupakan perpaduan dan kualitas berikut ini, kecuali...
a. Jiwa
b. Cipta
c. Karsa
d. Rasa
8. Ki Hadjar
Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau
individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter
seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali...
a. Rasa takut
b. Cemas
c. Percaya diri
d. Pengetahuan
9. Memiliki sikap
rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan...
a. Kognitif
b. Afektif
c. Psikomotorik
d. Budi pekerti
10. Menurut Ki Hadjar
Dewatara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?
A. Bulatnya
jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan
kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga
B. Nilai-nilai
karakter yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau
kemauan, serta tindakan untuk melakukan nlai-nlai tersebut
C. Peraturan hidup
ang timbul dari hasil pergaulan kelompok manusia di dalam masyarakat dan
dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari – hari masyarakat tersebut
D. Perangai yang
menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber timbulnya pernuatan
tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan tanpa perlu dipikirkan dan
direncanakan sebelumnya
11. Tempat utama
dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah...
a. Sekolah
b. Keluarga
c. Sahabat
d. Taman kanak-kanak
12. Ki Hadjar Dewanatara
membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu
a. Biologis
dan intelligible
b. Biologis dan
fisiolgis
c. Intelligible dan
fisiologis
d. Tabularasa dan
biologis
0 Response to "Jawaban Modul 4 Menumbuhkan Budi Pekerti Topik Merdeka Belajar"
Post a Comment
Mari budayakan untuk berkomentar!!