IBX5980432E7F390 Trigonometri: Ukuran Sudut (Derajat dan Radian) - Tri Khidayanti

Trigonometri: Ukuran Sudut (Derajat dan Radian)

Tri Khidayanti - Pernahkah kalian memperhatikan gerakan gelombang laut sampai ke pinggir pantai/dinding suatu pelabuhan? Tahukah kalian bagaimana cara mengukur kedalaman laut/samudera? Fenomena nyata ini merupakan hanya sebagain dari penerapan trigonometri dalam kehidupan nyata. Dalam bidang fisika, teknik, dan kedokteran, trigonometri mengambil peranan penting dalam pengembang teknologi kedokteran dan teori-teori fisika dan teknik. Dalam Matematika, trigonometri digunakan untuk menemukan relasi antara sisi dari sudut pada suatu segitiga.

Kali ini kita akan membahas tentang ukuran sudut baik itu derajat maupun radian. Lantas letak perbedaannya dimanakah antara ukuran sudut yang memakai derajat dengan radian?

Pada umumnya, ada dua ukuran yang digunakan untuk menentukan besar suatu sudut, yaitu derajat dan radian.  Tanda “o” dan “rad” berturut-turut menyatakan simbol derajat dan radian. Singkatnya, satu putaran penuh = 360 derajat, atau 1 derajat didefinisikan sebagai besar sudut yang dibentuk oleh 
1/360 putaran penuh. 

Tentunya, dari gambar di atas, kita dapat mendeskripsikan untuk beberapa satuan putaran yang lain. Sebelum kita memahami hubungan “derajat dengan radian”,  mari kita pelajari kajian berikut ini.

Satu radian diartikan sebagai ukuran sudut pusat α suatu lingkaran yang panjang busurnya sama dengan jari-jari.

Jika besar, 
Jika panjang busur tidak sama dengan r, maka cara menentukan besar sudut tersebut dalam satuan radian diselesaikan menggunakan definisi perbandingan:
Lebih lanjut, hubungan satuan derajat dengan satuan radian, bahwa 1 putaran penuh sama dengan  2π rad. Seperti dinyatakan dalam definisi berikut

Baca juga: Trigonometri : Pembuktian Sudut Rangkap

Perhatikan hubungan secara aljabar antara derajat dengan radian berikut ini














Sudah mulai nggeh atau paham tentang perbedaan derajat dan radian? Semoga materi sederhana ini bisa memberikan pengetahuan baru bagi kita semua.

Terima kasih sudah membaca dan mampir!! Saya tunggu komentar-komentarnya :D

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Trigonometri: Ukuran Sudut (Derajat dan Radian)"

Post a Comment

Mari budayakan untuk berkomentar!!