Kunduran Truk?

Tri KhidayantiPadanan kata merupakan kata yang sama maknanya dalam dua bahasa. Sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi, bahasa Indonesia terus berusaha untuk memperkaya entri dengan menyerap berbagai istilah dari bahasa daerah.


Namun, agaknya bukan hal yang mudah untuk mencari padanan kata yang tepat terhadap berbagai kosakata bahasa daerah yang begitu kaya. Setiap kali ada pertanyaan dari murid saya, "apa bahasa Indonesia-nya 'kunduran truk'", misalnya, saya pun sering "mati kutu". Saya tidak bisa menemukan padanan kata "kunduran" yang tepat karena memang belum ada dalam KBBI. Ketika saya lacak di KBBI V maupun Daring, kata "kunduran" bermakna "mati bersama bayinya sewaktu melahirkan". Makna ini jelas sangat berbeda dengan "kunduran" yang digunakan dalam "kunduran truk". Yang bisa saya lakukan adalah menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia menjadi "tertabrak truk yang berjalan mundur" atau jika "memaksa diri" untuk menggunakannya, tulislah "kunduran truk" dengan menggunakan huruf miring. Namun, jawaban ini agaknya belum bisa memuaskan "keingintahuan" anak-anak terhadap padanan kosakata bahasa Jawa yang "pelik" ini.
Mungkin pembaca blog ini sudah ada yang mendpaat wangsit atau wahyu perihal kosakata kunduran truk ini, hehehe

Sumber: facebook.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Kunduran Truk?"

  1. wow, great, I was wondering how to cure acne naturally. and found your site by google, learned a lot, now i’m a bit clear. I’ve bookmark your site and also add rss. keep us updated. tow truck near me

    ReplyDelete

Mari budayakan untuk berkomentar!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel